Selasa, 13 Agustus 2013

MENDESAIN RUMAH YANG TERBUAT DARI KAYU



Ditengan pesatnya perkembangan jaman, rumah menjadi salah satu hal yang ikut berkembang dan menjadi salah satu bagian penting dari kehidupan modern ini. Dan perkembangan rumah ikut mempengaruhi desain rumah secara keseluruhan, ditengah ramainya rumah dengan konsep bergaya minimalis yangmodern. Rumah dengan desain berbahan kayu masih diminati oleh masyarakat yang bermukim di kota-kota besar.
Selain  desainnya masih tetap menjadi salah satu desain yang diminati, desain rumah kayu juga dapat memberikan efek nuansa sejuk, tenang, dan berkelas. Selain masih di minati rumah kayu dulu juga sering dicap sebagai rumah kuno yang dipandang tak modern. Yang kemudian ditinggalkan dan beralih ke desain rumah yang modern dan permanen.

Dengan seiring perkembangan jaman dan juga kemajuan pada desain interior rumah, desain rumah kayu mulai muncul kembali dan menjadi tren di tengah masyarakt kota yang rindu dengan nuansa alam. Tak ayal banyak masyarakat kota yang kembali melirik desain rumah kayu sebagai media/sarana yang dapat membuat nyaman tempat tinggal mereka.
Desai rumah kayu sendiri terbagi menjadi 2 jenis model yang pertama yaitu desain rumah kayu klasik, rumah kayu klasik sendiri terdiri dari gazebo atau ruang saung yang memberikan kelonggaran pada beberapa bagian ruang. Dan rumah kayu klasik juga hanya memiliki satu lantai dan di desain dengan sederhana.
Sedangkan model desain rumah kayu yang kedua adalah  rumah kayu modern/mixed, dalam pemilihan desain ini rumah kayu mengikuti desain rumah modern, cukup rumit untuk mendesainya.sedangkan inspirasinya sendiri diambil dari desai rumah beton modern. Yang memiliki lebih dari satu lantai dan menjadikan ruangnya lebih lega. Sedang hal yang membedakannya adalah pemilihan bahan utamanya yaitu kayu.
Selain menentukan jenis dan model desainnya pada rumah kayu, kita juga harus menentukan jenis kayunya. Usahakanlah memilih kayu yang berkarakter keras seperti kayu jati. Dengan demikian bangunan rumahpun akan lebih kokoh dan tak kalah dari bangunan yang menggunakan beton sebagai bahan utamanya.
Dalam pemilihan furniture untuk rumah kayu, usahakan gunakan furniture dengan bahan yang sama yaitu dari kayu, hal ini dimaksud untuk mengimbangi beban rumah kayu agar tidak terlalu berat. Gunakanlah kayu jabon atau sengon yang ringan tapi kuat untuk di jadikan furniture.
Dalam mendesain rumah kayu hal yang perlu kita perhatikan juga adalah kelebihan dan kekurang dari rumah kayu. Berikut ini adalah kelebihan dan kelemahan dari desain rumah kayu :

Kelebihan dari Rumah Kayu
·         Rumah kayu lebih mudah untuk direnovasi dibandingkan dengan rumah yang berbahan beton,khususnya dalam mengubah bentuk sesuai kebutuhan. Yang mana dalam mengubah bentuk haruslah dilakukan dengan cara membongkar bangunan yang ada.
·         Rumah kayu juga dapat menimbulkan kesan tentang suasana alam, biasanya dengan nuansa kayu atau tradisional mempunyai nilai historisnya tersendiri. Hal ini yang membuat rumah kayu lebih bernuansa alam.
·         Rumah kayu juga sebagai media penahan panas, bila di bandingkan dengan rumah yang permanen rumah kayu cenderung lebih sejuk dan tidak perlu untuk memakai pendingin untuk menyejukan ruangan dalam rumah kayu.

Kelemahan dari Rumah kayu
·         Karena rumah kayu bahan utamanya dalah kayu jadi cenderung memiliki resiko bahaya kebakaran yang cukup tinggi. Dalam proses pembuatanya khususnya area dapur harus serius dan hati-hati karena dapur berfungsi sebagai tempat memasak yang membutuhkan api.
·         Selain biaya untuk membangun rumah kayu lebih besar dari  rumah beton, keberadaan kayu berkualitas juga semakin sulit dan untuk mendapatkan kayu yang berkualitas harus melalui proses yang tidaklah mudah.

referensi : desain rumah sederhana | desain huni sederhana
http://elements-interiors.blogspot.com/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar